HR Transformasi

hrLayaknya siklus makhluk hidup, sebuah organisasi yang dinamis akan mengalami fase perubahan dan sebagian besar orang telah mengerti pentingnya sebuah perubahan. Tantangannya adalah bagaimana memulai, memprioritaskan dan me-manajemen-kan suatu perubahan agar efektif, terukur dan bisa diterima oleh semua kalangan yang terlibat.

John P. Kotter[1] berpendapat, pada umumnya perubahan mencakup 3 proses yakni: bisnis proses, teknologi serta budaya. Ketiga aspek tersebut dipengaruhi langsung oleh SDM sebagai subjek pelaksana organisasi. Dengan kata lain, salah satu kunci Keberhasilan perubahan adalah penataan dan perencanaan SDM yang matang.

Melalui program STATCAP-CERDAS, BPS berupaya mengembangkan manajemen SDM berbasis kompetensi secara terencana dan transparan. Pengembangan yang dilakukan mencakup 8 area: Desain organisasi, workforce planning, rekrutmen dan seleksi, administrasi dan basis data, Pelatihan dan pengembangan, manajemen kinerja, manajemen karir dan pengembangan Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG).

Secara bertahap manajemen SDM BPS akan dikembangkan berdasar prioritas dan roadmap yang disusun rapi sampai dengan 2018.

hr2

Program STATCAP CERDAS pilar SDM dikoordinasikan oleh Programm Manajemen Office (PMO) BPS dengan didukung expert dan praktisi bidang SDM, konsultan serta berkolaborasi dengan pengembangan bidang kualitas statistik dan bidang Teknologi Informasi & komunikasi (TIK). Dari sinergis 3 pilar STATCAP CERDAS tersebut, komposisi dan kebutuhan SDM akan terpetakan dengan jelas. Pada akhirnya diharapkan BPS mampu berubah menjadi organisasi berkualitas Global.

Sampai sejauh mana BPS mampu bertumbuh menjadi Organisasi yang maju dan besar? Semua tergantung peran serta, kerja keras dan kerjasama seluruh insan BPS.

SALAM CERDAS,

[1] Professor and Expert of Change Management in the Konosuke Matsushita, Emeritus at the Harvard Business School, a New York Times best-selling author,  the chairman of Kotter International (a management consulting firm based in Seattle and Boston), and a well-known thought leader in the fields of business, leadership, and change.

Hits : 681