SHARING KNOWLEDGE MENGENAI INTEGRASI STATISTIK, JAKARTA 12 FEBRUARI 2015

geert1Program STATCAP-CERDAS merupakan program perubahan BPS dalam rangka reformasi birokrasi BPS. BPS perlu mendapat banyak masukan  dan sharing knowledge dengan NSO lainnya yang sudah melakukan program perubahan. Pada tanggal 12 Februari 2015 yang lalu, PMO STATCAP-CERDAS mengundang Mr.Geert Bruinooge, salah satu expert statistisi konsultan PwC untuk melakukan sharing knowledge tentang integrasi statistik. Geert Bruinooge adalah pensiunan dari CBS (Statistic of Netherland) dengan jabatan terakhir sebagai Deputy Director-General dan pernah juga menjabat sebagai Direktor Macro-Economic Statistic. Pada kesempatan ini Geert memberikan paparan tentang Integrasi Statistik dan bagaimana implementasinya  di CBS.

Geert menyadari bahwa BPS mempunyai struktur dan budaya organisasi yang berbeda dibandingkan dengan CBS, misalnya saja jumlah pegawai CBS yang hanya 10% dari total pegawai BPS atau luas wilayah yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan Indonesia. Geert memaparkan bagaimana kondisi pelaksanaan kegiatan statistik secara singkat di CBS, diantaranya  dapat menyediakan  sekitar 2000 tabel setiap tahunnya, dan mengadakan pers konference setiap minggunya. Tidak ada standar roadmap untuk setiap NSO, karena setiap NSO unik dan tidak bisa di bandingkan satu sama lainnya. BPS harus menentukan sendiri roadmap yang akan dibuat, pengalaman dari beberapa NSO bisa di jadikan bahan pertimbangan namun tidak dapat di jadikan patokan untuk menentukan roadmap BPS.

Geert memaparkan mengenai perbedaan antara sistem traditional dan sistem modern yang mengacu pada Integrasi statistik serta tantangan dan hambatan yang akan dihadapi jika BPS ingin menerapkan sistem integrasi statistik. Beberapa perbedaan diantara kedua sistem tersebut diantaranya adanya koordinasi dari tiap-tiap bagian, pada sistem integrasi semua bagian berkoordinasi sehingga terciptalah standarisasi untuk semua penyelenggaraan sensus/survey baik itu dari segi methodologi, desain kuesioner sampai dengan publikasinya, sedangkan pada sistem tradisional semua tahapan pelaksanaan survey/sensus dirancang sendiri oleh masing-masing bagian (Subject Matter); Efisiensi terutama dari segi biaya, karena biaya yang di keluarkan untuk menyelenggarakan survey / sensus dapat di reduksi; karena adanya standarisasi, maka timeliness hasil survey/sensus dapat ditingkatkan; Pada sistem integrasi statistik, peningkatan kualitas TI terus dilakukan sehingga pada sistem ini faktor kesalahan manusia bisa dikurangi dan kualitas data pun dapat ditingkatkan.

geert2Acara pemaparan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Para peserta yang terdiri dari eselon I dan eselon II serta PMO STATCAP CERDAS sangat antusisas untuk ikut berpartisipasi dalam pembahasan ini, hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang di lontarkan oleh peserta rapat yang ditujukan baik kepada Mr.Geert maupun ke Malcom Foo, sebagai project director dari konsultan PwC yang menangani program STATCAP-CERDAS. Tidak hanya dari pihak BPS saja yang hadir dalam acara ini, STIS dan PUSDIKLAT pun sebagai bagian dari BPS juga ingin berpartisipasi dalam program perubahan BPS.

Dengan antusisasme para pimpinan BPS dalam acara sharing knowledge ini diharapkan peran serta aktif para pimpinan BPS sebagai pembuat keputusan dalam proses perubahan BPS kearah yang lebih baik.

Hits : 519