INTERNALISASI STATCAP CERDAS 26 FEBRUARI 2015

Program transformasi BPS yang diusung oleh STATCAP-CERDAS adalah kegiatan utama yang melancarkan pencapaian visi BPS yaitu sebagai pelopor data statistik terpercaya untuk semua. Namun, secara internal masih banyak hal yang menghambat pelaksanaan perubahan tersebut. Berdasarkan hasil survei daring online yang dilaksanakan oleh konsultan Owner’s Agent, PT. PricewaterhouseCoopers Consulting Indonesia (PwC), 55% pegawai masih merasa adanya kendala komunikasi antara pimpinan dengan pegawai. Oleh karena itu, internalisasi kegiatan STATCAP-CERDAS perlu dilakukan sehingga informasi mengenai kegiatan ini dapat diketahui oleh seluruh pegawai BPS.

Kegiatan internalisasi STATCAP CERDAS ini dilaksanakan pada hari Kamis lalu, 26 Februari 2015. PMO mengundang seluruh jajaran eselon 1, eselon 2 dan eselon 3 BPS RI, STIS dan Pusdiklat untuk memaparkan tiga pilar transformasi yang sedang dilaksanakan oleh BPS. Ketiga pilar tersebut antara lain Transformasi Statistik, Tranformasi Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Transformasi SDM dan Organisasi.

Transformasi Statistik mempunyai tujuan untuk meningkatkan kualitas statistik dalam rangka meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pengguna terhadap data yang dihasilkan BPS. Lebih lanjut, tujuan ini dicapai dengan pembangunan Statistical Business Framework and Architecture (SBFA), mengimplementasikan infrastruktur statistik, desain ulang tata laksana statistik (redesign statistical business process), memberikan solusi mengatasi isu-isu pengumpulan data sebagai dampak perubahan bisnis proses, serta memastikan linkage antara TIK, SDM dan penyelarasan organisasi. Pelaksanaan transformasi statistik ini dilakukan oleh Konsultan Paket 1 (Transformasi Statistik) yang pengawasannya selain oleh BPS juga dibantu oleh konsultan Owner’s Agent (PwC),. Akan tetapi, peran aktif dari internal BPS dalam working group juga sangat dibutuhkan dalam proses implementasinya. Pembentukan working group ini diharapkan mampu menjadi narasumber dan counterpart konsultan.

Proses transformasi selanjutnya adalah transformasi di bidang teknologi informasi (TI). Sebagai enabler komponen statistik, TI dapat meningkatkan kualitas data dalam hal akurasi, relevansi, timeliness, aksesabilitas, koherensi dan mudah dipahami. Pelaksanaan proses transformasi ini dibagi dalam dua paket, yaitu paket 2A (IT Strategy and Design) dan paket 2B (Statistical System and Application Development). Paket 2A fokus pada peningkatan proses tata kelola dan manajemen TI, sedangkan paket 2B fokus pada pembangunan atau pengembangan sistem aplikasi dan infrastruktur statistik. Apabila dilihat dari keterkaitan antar paket, hasil dari Paket 1 akan digunakan oleh konsultan Paket 2A dan Paket 2B. Dari Paket 2A nanti akan muncul juga usulan tentang organisasi TI yang akan menjadi input bagi konsultan Paket 3 (HR Management and Debvelopment dan Institusional Alignment). Paket 2B akan dijalankan berdasarkan requirement dari Paket 1 dan standar dari Paket 2A.

IMG_0943Sementara itu, pekerjaan konsultan Paket 3 terkait dengan bagaimana mendesain organisasi sesuai dengan tuntutan BPS yang modern berdasarkan perubahan proses bisnis dengan mengacu pada SBFA dan Enterprise Architecture (EA). Pengembangan desain organisasi dan struktur yang meliputi: merancang struktur fungsi organisasi, merancang TUSI semua jabatan, merancang Project Governance kegiatan statistik, bekerjasama dengan konsultan Paket 1 dan Paket 2A untuk menentukan fungsi-fungsi kunci dalam organisasi, melakukan pilot implementasi baik di BPS Pusat maupun di BPS daerah.

Ada jalan panjang yang harus dilalui oleh program STATCAP CERDAS, namun implementasi yang tepat akan membuat momentum perubahan tidak hilang dan bisa dirasakan segenap pihak di BPS untuk menuju BPS yang lebih baik.

Salam Cerdas!

Hits : 918