Pengantar Generic Statistical Information Model (GSIM) Versi 1.1

Untuk menghasilkan data statistik kita perlu mengikuti serangkaian proses-proses seperti yang dijelaskan di Generic Statistical Business Process Model (GSBPM). Selain proses-proses tersebut, kita juga mempunyai informasi-informasi yang mengalir melalui proses-proses tersebut, misalnya: data, metadata, rules, parameter, dll. Generic Statistical Information Model (GSIM) bertujuan untuk mendefinisikan dan menggambarkan objek-objek informasi ini.

Definisi GSIM

GSIM adalah reference framework untuk informasi statistik, yang dirancang untuk memainkan peranan penting dalam melakukan modernisasi organisasi statistik. GSIM memungkinkan untuk membuat gambaran yang generik tentang definisi, pengelolaan dan penggunaan data dan metadata untuk seluruh tahapan proses statistik. GSIM menyediakan bahasa yang umum untuk menggambarkan informasi yang mendukung seluruh tahapan proses statistik mulai dari identifikasi kebutuhan data pengguna sampai dengan diseminasi produk statistik.

GSIM menyediakan satu set standard, yang secara konsisten menggambarkan objek informasi, yaitu input dan output dalam proses desain dan produksi data statistik. GSIM membantu untuk menjelaskan hubungan yang signifikan antara entitas yang terlibat dalam produksi statistik, dan dapat digunakan untuk memandu pengembangan dan penggunaan standard atau spesifikasi. GSIM selaras dengan manajemen data yang relevan dan selaras dengan standard pertukaran data, seperti Data Documentation Initiative (DDI) dan Statistical Data and Metadata eXchange (SDMX), tetapi tidak langsung terikat dengan mereka dan tidak terikat untuk teknologi tertentu saja.

Objek Informasi

GSIM bukanlah bagian dari perangkat lunak atau standard teknologi informasi (TI). GSIM merupakan sebuah pendekatan strategis dan cara baru dalam berpikir, yang dirancang untuk membawa statistisi, ahli metodologi dan spesialis TI untuk melakukan modernisasi tahapan proses statistik. GSIM mengidentifikasi sekitar 110 objek informasi, yang dikelompokkan menjadi empat kelompok.GSIM

Empat grup objek informasi akan dijelaskan di bawah ini:

  • Business group, digunakan untuk menangkap desain dan rencana program statistik, dan proses-proses yang dilakukan untuk men-deliver program tersebut. Business group juga mencakup identifikasi kebutuhan data statistik, proses bisnis yang meliputi program statistik dan evaluasi dari mereka.
  • Exchange group, digunakan untuk mendaftarkan informasi yang masuk dan keluar dari sebuah organisasi statistik melalui Exchange Channel. Exchange group juga mencakup objek-objek yang menggambarkan pengumpulan dan diseminasi informasi.
  • Concepts group, digunakan untuk mendefinisikan arti dari data.
  • Structures group, digunakan untuk menggambarkan dan mendefinisikan istilah yang digunakan dalam kaitannya dengan informasi dan strukturnya.

Tujuan Penggunaan GSIM

GSIM menyediakan satu set standard, secara konsisten menggambarkan objek informasi yaitu input dan output dalam desain dan produksi statistik. Dengan mendefinisikan objek yang umum untuk semua tahapan proses statistik, terlepas dari subjek, GSIM memungkinkan organisasi statistik untuk memikirkan kembali bagaimana bisnis mereka dapat diatur lebih efisien.

GSIM dapat digunakan untuk:

  1. Meningkatkan komunikasi antara berbagai disiplin ilmu yang terlibat dalam produksi statistik, di dalam maupun antar organisasi statistik; dan antara pengguna dan produsen data statistik.
  2. Menghasilkan skala ekonomi dengan cara kolaborasi yang lebih besar di dalam dan di antara organisasi, terutama melalui penggunaan kembali (reuse) informasi, metode atau teknologi.
  3. Memungkinkan otomatisasi proses produksi statistik, sehingga meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya.
  4. Memberikan dasar untuk fleksibilitas dan inovasi, termasuk dukungan untuk mempermudah penyebaran produk statistik baru dan mempermudah adopsi jenis sumber data statistik yang baru.
  5. Membangun kemampuan staf dengan menggunakan GSIM sebagai bantuan ajar yang sederhana, mudah untuk memahami informasi yang kompleks dan dengan definisi yang jelas.
  6. Melakukan validasi sistem informasi yang ada dan membandingkan dengan praktek terbaik di organisasi statistik lain.

Keterkaitan antara GSIM dan GSBPMGSIM-GSBPM

GSIM dan GSBPM adalah model yang saling melengkapi di dalam kegiatan produksi dan pengelolaan informasi statistik. Seperti ditunjukkan pada gambar di atas, GSIM membantu menggambarkan sub proses dari GSBPM dengan cara mendefinisikan objek informasi yang melaluinya, yang dibuat di dalamnya, dan yang digunakan olehnya untuk menghasilkan data statistik. Input dan output dari setiap proses di GSBPM dapat didefinisikan sebagai objek informasi.

 

Hits : 2617