Kick Off Meeting STATCAP-CERDAS, Jakarta 12 Januari 2015

kickOffAda pemandangan yang tidak biasa di Aula BPS Gedung 1 lantai 10. Pagi itu, 12 Januari 2015, Aula BPS diatur sedemikan rupa untuk kedatangan tamu-tamu istimewa. Lobi aula pun disulap dengan banner berbagai informasi perjalanan STATCAP CERDAS dari tahun 2007 hingga 2014 dengan desain yang eye catching memperlihatkan hall of fame atau perjalanan sejarah Program STATCAP CERDAS. Tidak hanya banner, namun disediakan pula kelereng untuk dimasukkan ke dalam mangkuk kekhawatiran (bowl of fear) dalam pengimplementasian STATCAP CERDAS. Selain itu, ada dinding buatan yang dinamakan sebagai Sky of Hope dimana seluruh tamu dan juga pegawai BPS dapat menuliskan harapannya kepada BPS untuk kedepannya. Acara yang diusung? Kick Off Meeting STATCAP CERDAS

Kick Off Meeting ini memang beda dengan sosialisasi yang biasa diselenggarakan oleh BPS. Bisa dibilang acara ini sebagai salah satu kegiatan perdana di tahun 2015 yang cukup istimewa karena untuk pertama kalinya Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Andrinof Achir Chaniago hadir di BPS. Jajaran pimpinan di Bappenas; Kepala BPS periode 2007-2012, Rusman Heriawan; World Bank; perwakilan lembaga internasional; perwakilan kementerian/lembaga; Ikatan Perstatistikan Indonesia (ISI); serta jajaran pimpinan BPS ikut menghadiri acara ini.

Acara yang dikemas spesial ini menampilkan paduan suara lulusan mahasiswa STIS yang sedang magang di BPS menyanyikan dua lagu daerah Sajojo dan Sik Sik Sibatu Manikam serta tentunya Mars Statistik. Penampilan seni tari juga dimunculkan dalam acara tersebut. Tari Saman dari Provinsi Aceh pun ditampilkan dengan harmoni oleh sebelas orang penari. Decak kagum dan riuhan tepuk tangan dari para tamu undangan menjadi kebanggaan tersendiri bagi mereka. Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Utama yang juga merupakan Ketua Program STATCAP CERDAS, Eri Hastoto menuturkan bahwa STATCAP CERDAS membawa BPS melangkah menuju transformasi berskala besar yang mampu memproduksi data secara efektif, efisien, dan terintegrasi.

Kepala BPS, Suryamin dalam sambutannya juga mengatakan bahwa dalam STATCAP CERDAS ini BPS akan terus bergerak maju untuk mengubah proses bisnis BPS yang semula mengacu pada silo menjadi functional based oriented. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Andrinof Achir Chaniago mengapresiasi yang telah BPS lakukan dengan program STATCAP CERDAS ini. “Saya melihat kemajuan BPS sudah cukup jauh,” tegas Andrinof. Kick off pelaksanaan STATCAP CERDAS pun ditandai dengan penekanan tombol serta pemotongan tumpeng oleh Andrinof yang sukses diikuti oleh pembunyian sirene tanda bahwa jajaran BPS siap melaksanakan STATCAP CERDAS.

Hits : 398