Manfaat

Benefit

Banyak sekali manfaat yang akan dirasakan dengan keberhasilan program STATCAP-CERDAS ini. Manfaat ini tidak hanya dirasakan oleh BPS saja, namun juga dirasakan oleh pihak-pihak eksternal, baik sebagai penyedia data maupun pengguna data. Beberapa manfaat yang dapat dirasakan dapat dilihat pada gambarĀ diĀ atas.

STATCAP-CERDAS merupakan program transformasi BPS yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi Badan Pusat Statistik (BPS) dalam memproduksi sampai dengan mendiseminasikan data. Semua proses produksi sampai dengan diseminasi data dilakukan dengan cara integrasi kegiatan statistik. Integrasi kegiatan statistik maksudnya adalah kegiatan statistik yang terintegrasi dari perencanaan, persiapan, lapangan, pengolahan, analisis, diseminasi, sampai penggunaan data baik oleh pihak luar maupun internal. Jadi, dari hulu sampai hilir terintegrasi jadi satu sistem. Dengan proses produksi yang terintegrasi, efektif dan efisien ini, diharapkan akan membawa manfaat untuk penyedia dan pengguna data BPS.

Manfaat yang dapat dirasakan oleh penyedia data (sumber data) diantaranya adalah penyedia data akan diberikan kemudahan-kemudahan dalam rangka menyampaikan datanya ke BPS. Penyedia data dapat mengisi kuesioner dengan cara online tanpa harus merasa terganggu dengan kedatangan petugas pencacah BPS yang sering bolak-balik mengunjungi satu perusahaan untuk survei yang berbeda. Penyedia data akan diberi kenyamanan dengan pertanyaan-pertanyaan yang sederhana, tidak membutuhkan waktu yang banyak, ataupun bisa menggunakan gadget mereka untuk menyampaikan data. Selain itu, kerahasiaan data penyedia data merupakan salah satu hal yang sangat diutamakan oleh BPS.

Selain penyedia data, program STATCAP-CERDAS ini akan memberikan manfaat yang banyak bagi pengguna data. Diantaranya adalah pengguna data bisa mendapatkan data dengan cara yang mudah, murah dan up to date. Beberapa macam channel bisa dipilih oleh pengguna seperti website, gadget maupun datang langsung ke kantor BPS seluruh Indonesia dengan Pelayanan Statistik Terpadu (PST).

Hits : 0